Paragraf Persuasi
Pada saat SMA tentunya kalian telah diajarkan menulis macam-macam
paragraf kan? Disini saya ingin mengingatkan kembali tentang paragraf Persuasi.
Paragraf Persuasi adalah Suatu paragraf
yang isinya berupa ajakan atau membujuk pemabacanya agar melakukan atau
mengikuti apa yang penulis ungkapkan di dalam paragraf. Paragraf ini dibuat
dengan berdasarkan pemahaman atau asumsi bahwa setiap pandangan atau pendirian
umat manusia bisa berubah-ubah. Di dalam paragraf persuasi banyak ditemukan
kata-kata yang bersifat mengajak seperti “ayo”, “mari”, dan “lakukanlah”.
Paragraf ini banyak ditemukan di dalam iklan, himbaun atau propaganda di media
masa.
Ciri – ciri paragraf Persuasi
·
Memiliki alasan yang kuat disertai dengan
data & fakta
·
Meyakinkan pembaca untuk melakukan/mempercayai
sesuatu yang ditulis oleh pengarangnya
·
Banyak menggunakan kata-kata ajakan
seperti ayo,mari dll
Jenis – jenis paragraf Persuasi
1. Paragraf
Persuasi Politik
Paragraf
ini adalah paragraf yang isinya berusaha mengajak atau mempengaruhi pembacanya
untuk melakukan sesuatu atau terjun ke dalam dunia politik. Paragraf jenis ini
banyak digunakan oleh orang-orang politik untuk kepentingan partai ataupun
kepentingan Negara.
2. Paragraf
Persuasi Pendidikan
Paragraf
persuasi ini digunakan oleh lembaga atau orang-orang yang berkecimpung di dalam
dunia pendidikan untuk membantu tujuan pendidikan. Paragraf ini biasanya berupa
himbauan, anjuran, motivasi atau panduan. Biasanya paragraf ini digunakan oleh
guru untuk mempengaruhi anak didik mereka supaya giat belajar.
3. Paragraf
Persuasi Advertensi
Paragraf
ini dibuat untuk tujuan komersil yang digunakan oleh produsen-produsen produk
tertentu untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa kepada para konsumen.
Persuasi advertensi bertujuan untuk memasarkan barang atau jasa sehingga konsumen
mau membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Paragraf ini sering
diisebut juga dengan iklan.
4. Paragraf
Persuasi Propaganda
Persuasi
propaganda biasanya menyampaikan sebuah informasi dengan tujuan agar pembacanya
mau melakukan atau mempercayai apa yang disampaikan oleh penulis di dalam
paragraf tersebut. Persuasi propaganda banyak ditemukan di media-media cetak
seperti majalah, surta kabar dan lain-lain.
Komentar
Posting Komentar